Sabtu, 26 Februari 2011

Tujuh Kabupaten di Jambi Rawan Banji

Jambi - Tujuh kabupaten di Provinsi Jambi ditetapkan sebagai daerah rawan banjir. Ketetapan ini dikeluarkan oleh dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat Provinsi Jambi dikarenakan ke tujuh kabupaten tersebut selalu dilanda banjir. Ketujuh kabupaten yang ditetapkan itu seperti Kabupaten Kerinci, Merangin, Sorolangung, Bungo, Batanghari, Muaro Jambi dan Tanjung Jagung Barat.

Menurut Staf Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jambi, Drs. Delmanto, Kamis (09/10/2003), untuk mengantisipasi korban banjir, para bupati di 7 kabupaten dimintai kewaspaannya. Hal ini menyusul tingginya curah hujan di provinsi tersebut.

Dikatakannya, kendala yang sering dihadapi dalam menanggulangi bencana alam ialah kurangnya koordinasi antara pemerintah kabupaten dengan dinas sosial provinsi. Kurangnya koordinasi tersebut menyulitkan bantuan kepada korban dan tidak akuratnya data korban bencana di kabupaten membuat penyaluran bantuan sulit dilakukan.

Menurut data di Dinas Provinsi Jambi, sejak Januari lalu terhitung 7 kali terjadi musibah banjir. Akibat musibah tersebut, 6000 ribu rumah hancur dengan jumlah kerugian sebesar Rp 32 milyar. Untuk itu pemerintah kabupaten diminta lebih pro aktif meminta dan melaporkan secara akurat kejadian bencan banjir daerah masing-masing ke pemerintah provinsi.

Mengenai kesiapan menghadapi banjir, Delmanto menyatakan Dinas Sosial Provinsi Jambi kini menyiapkan 30 ton beras. Dinas sosial juga akan mengusulkan tambahan bantuan 50 ton beras kepada pemerintah pusat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Dr. Ascar Karim menyatakan, pihaknya telah menginstruksikan siaga 24 jam kepada seluruh jajaran kesehatan kota hingga tingkat puskesmas. Menurut Ascar, pihaknya telah mengajukan obat-obatan serta tenaga kesehatan tambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar