Jumat, 25 Februari 2011

Aktivitas Galian C Percepat Erosi Pinggir Lematang

 
Sungai_lemataang_yang_berubah_menjadi_dua_aliran_akibat_banyaknya_penambangan_galian_C_di_hilir_sungai(1).jpg.JPG

SUNGAI Lematang yang berubah menjadi dua aliran akibat banyaknya penambangan galian C di hilir sungai.  
LAHAT – Pelebaran aliran Sungai Lematang akibat banyaknya penambang galian C tidak bisa dihindari. Pulau-pulau kecil semakin banyak terbentuk di tengah sungai. Dampak lainnya aliran Sungai Lematang menjadi bercabang.

Pengamatan di lapangan Rabu (28/4) aliran Sungai Lematang di kabupaten Lahat semakin hari kian melebar. Masyarakat di sekitar Sungai Lematang mengakui adanya pelebaran tersebut. Menurut mereka, pelebaran terjadi akibat banyaknya penambangan galian C yang terus mengeruk pinggiran sungai dengan menggunakan alat berat.

“Aliran sungai ini memang semakin hari semakin melebar. Penambangan dengan alat berat yang terus mengikis pinggiran sungai yang menjadi penyebab utamanya,” ungkap Harman (43) warga pasar Bawah Lahat.

Menurutnya, jika hanya mengambil batu, koral serta pasir dengan cara tradisional, pelebaran sungai bisa dihindari. Berbeda dengan penambangan yang dilakukan dengan alat berat yang terus mengeruk pinggiran sungai. penambangan tradisional yang dilakukan warga kata dia, hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bukan untuk memperkaya diri.

Hasyim (35) warga lainnya mengaku khawatir dengan keberadaan pemukiman warga yang ada di sekitar Sungai Lematang. Menurutnya, bukan tidak mungkin beberapa tahun yang akan datang Sungai Lematang akan terus mengalami pelebaran akibat banyaknya penembangan galian C. Menurutnya, Pemerintah harus memperhatikan dan mengeluarkan peraturan agar kondisi Sungai Lematang bisa tetap terjaga.

“Ada beberapa wilayah yang sangat rentan jika terus dilakukan penambangan. Seperti di sekitar jembatan lembayung. Saat ini kondisi sungai di sekitar jembatan semakin melebar. Bukan tidak mungkin nantinya akan menyebabkan jembatan tersebut ambruk,” katanya.

Menurutnya, harus ada perhatian serius dari pihak pemerintah untuk mengantisipasi dampak dari penambangan galian C tersebut. “Sangat banyak dampak dari galian C ini. Pemerintah harus tegas dan dalam hal ini,” harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar