Jumat, 18 Maret 2011

BERTINDAKLAH DENGAN BERGABUNG WALK FOR WATER

SIMPATI DAN PRIHATIN SAJA TIDAK CUKUP




Latar belakang walk for water
“Jalan untuk air” merupakan bagian acara yang diakui PBB dan masyarakat dunia sebagai bentuk kepedulian atas krisis air di dunia. Jutaan warga dunia masih mengalami krisis air dimana jutaan keluarga membutuhkan air bersih  sebagai kelansungan hidup . Berawal dari isu isu dunia dimana banyak sekali saudara kita yang belum mendapatkan kemudahan akses air bersih. Masih banyak kita melihat saudara saudara kita dibelahan bumi lain yang masih kesulitan dalam mencari sumber air bersih. Kesulitan akses air bersih banyak dipengaruhi beberapa factor diantaranya sumber air yang tidak ada, ketiadaan fasilitas atau sarana air bersih yang belum terbangun membuat mereka harus berjalan ribuan meter hanya untuk mendapatkan air bagi kelangsungan hidupnya. Disamping itu air erat sekali kaitannya dengan sanitasi sehingga  keduanya menjadi masalah utama yang memang harus diperhatikan .

(Warga Dusun Ngondel Wetan, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, menyaring air bersih di telaga, Kamis (13/8). KOMPAS/Wawan H Prabowo)

Di abad ini walaupun kita mengenal era kemajuan zaman di berbagai bidang, tidak menutup kemungkinan kekurangan air bersih menjadi momok menakutkan bagi penduduk di dunia. Terlebih masalah air yang ada di perkotaan rentan sekali dengan pencemaran baik dari limbah industri pabrik , limbah rumah tangga yang dalam pengelolaanya masih dibiarkan saja.Inilah sebabnya krisis air tidak hanya menjadi masalah bagi masyarakat yang kurang beruntung mendapatkan akses ini akan tetapi menjadi masalah global yang harus ditangani bersama.

Untuk itu aksi sosial walk for water merupakan bagian event dari grebeg air.Dimana acara ini adalah gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian untuk masyarakat dunia yang mengalami krisis air. Setiap bentuk dukunganmu akan menjadi senjata bagi kita semua untuk mendesak pemerintahan dunia supaya lebih memperhatikan nasib saudara saudara kita dan dapat memberikan / mengupayakan kondisi yang lebih baik.

Bagaimana cara bergabungnya?
Datang saja!!!Acara ini akan dimulai tepat pukul 07.00 WIB pada hari minggu tanggal 20 maret 2011. Sehingga dukungan komunitas, masyarakat secara keseluruhan dapat berpartisipasi dan bergabung dengan tim Grebeg air untuk menunjukkan rasa simpati . Untuk itu Tugu Yogyakarta menjadi pilihan sebagai awal mulai start perjalanan ini, karena tugu sebagai symbol jogja mengisyaratkan bahwa masyarakat jogja pada khusunya dan masyarakat Indonesia pada umumnya mendukung gerakan ini sebagai bentuk kepedulian bersama .
Dengan format acara bersama- sama kumpul di Tugu Yogyakarta kemudian mulai berjalan dengan membawa replika toilet untuk diusung bersama sama. Dan disertai bentangan kain putih puluhan meter sebagai ekor memanjang untuk mengajak masyarakat gabung berjalan bersama   hingga berhenti di titik nol kilometer. Selama perjalanan water for city diharapkan masyarakat yang berada disekitar areal itu mau ikut serta  bergabung dalam barisan membentuk barisan memanjang. Hingga sampai garis terakhir akan disambut dengan acara Grebeg Air .
Mari tunjukkan Kepedulianmu dengan bersama sama walk for water

Tidak ada komentar:

Posting Komentar